Minggu, 29 Maret 2015

WISATA_Eksotik Pantai Nangapanda dengan Batu Hijau

Eksotik Pantai Nangapanda dengan Batu Hijau

Eksptik pantai Nangapanda menawarkan pesona keindahan tersendiri. Ditengan pesona pantai dengan bentangan hampir satu kilo meter, pantai nangapanda dihiasi dengan batu hijau sehingga menawarkan pesonannya tersendiri.

Memang pantai angapanda saat ini belum dijamah oleh tangan-tangan jahil para investor. Selain memiliki bentangan pantai yang sangat luas kondisi pantai nangapanda sangat bersih. Sehingga banyak para pengunjung maupun warga loka bermadi laut di pantai nangapanda.

Saat ini pantai nangapanda banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Saat VN mengunjungi pantai tersebut pada, Jumad (29/8), banyak turis yang ingin mandi dan menikmati keindahan pantai Nangapanda. Mereka berasal dari Italia dan Spanyol.

Kepada VN salah seorang turis dari Spanyol yang diketahui bernama Mr. Jose melalui gaitnya mengatakan, sangat senang menikmati pantai nangapanda. Menurutnya, selain hempasan ombak yang sangat indah, dan kondisi pantai yang sangat bersih, pantai nangapanda menarik karena memiliki batu hijau. Batu hijao menurutnya, menambah keindahan pantai nangapanda. " Kami berhenti disini karena saya melihat bahwa pantai nangapanda ada batu hijau, dan itu baru saya temukan," ujarnya.

Selain bentangan pantau yang sangat luas, lanjut Jose pantai Nangapanda memiliki ciri khas tersendiri karena ombaknya. Ombak yang sangat kecil menurut Jose sangat cocok untuk bercengkrama didalam air. " Kalau kita mandi sangat cocok, karena lautnya masih bersih," ujarnya.

Untuk mengunjungi pantai tersebut sangat mudah, karena letaknya persis beradah di pinggir jalan negara Ende-Bajawa. Para pengunjung dapat menempuh sekitar 30 km arah barat Kota Ende yang merupakan Ibukota Kabupaten Ende. Para pengunjung dapat menggunakan jasa kendaraan bermotor atau menggunakn jasa rental mobil. Harganya murah, jika menggunakan angkutan umum, tarinya Rp. 10.000, namun jika menggunakan jasa ojek harganya Rp. 40.000. Jika menyewa mobil harganya tergantung nego antara pengunjung dengan pemilik kendaraan.

Selain itu para pengunjung harus membawa pebekalan yang secukupnya. Karena ditempat tersebut belum ada restoran atau warung yang menjajahkan makanan ataupun minuman. Namun jika ingin membeli makan atau minuman para pengunjung harus menempu lagi sekitar dua km ke arah barat yaitu tepat di ibu kota kecamatan nangapanda.

Belum Ada Perhatian

Saat ini pantai nangapanda memang belum disentu oleh pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Sekaliun belum tersentu oleh pembangunan pantai Nangapanda tetap menawarkan pesona keindahannya.

Kepada VN seorang gait yang berasal dari Labuan Bajo yang diketahui bernama Fredy mengatakan, pemerintah harus memperhatikan keindahan pantai nangapanda. Menurutnya, selain aksesnya mudah pantai nangapanda punya keunikan tersendiri karena memiliki pantau hijau yang tidak ada pada pantai lainya. " Pantai ini tidak ada duanya, dan tidak ada pantai lain yang memiliki batu hijau," ujarnya.

Oleh karena sangat indah dan memiliki ciri khas tersendiri lanjut Fredy pemerintah harus membangun fasilitas penunjang seperti lopo, tempat usaha lainya. Dengan demikian maka pemerintah dapat menarik parawisatawan supaya dapat menikmati keindahan pantai Nangapanda. " Kalau membangun lopo dan fasilitas penunjang saya kira sangat banya para wisatawan yang datang," ujarnya.


Benilai Ekonomis

Jika kita mengunjungi pantai Nangapanda, maka jangan heran ketika kita melihat warga berada disekitar pantai. Karena memang bantu hijau yang ada di pantai Nangapanda bernilai ekonomis.

Menurut pengakuan Muhammad Abu, batu hijau tersebut dapat digunakan untuk pembuatan batu polselin. Sehingga masyarakat disekitar pantai tersebut giat mengumpulkan batu hijau. " Jadi karena ada yang membeli maka kami kumpul batu itu," ujarnya.

Hampir semua warga masyarakat disekitar pantai tersebut terutama ibu-ibu tua mengumpulkan batu. Setelah dikumpulkan para pembeli datang untuk membeli batu hijau dan dikirim ke luar negeri.

Konon batu hikau yang ada di kecamatan nagapanda telah terkenal sampai diseluruh dunia. (tom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar