Jumat, 27 Maret 2015

BERITA_Ende Utara Layak Jadi Ibukota

Ende Utara Layak Jadi Ibukota

SELAMA ini masyarakat di Pulau Flores dan Lembata hanya melihat Kabupaten Ende hanya sebatas Kota Ende yang dipersepsikan sempit. Padahal, Ende bagian Utara merupakan wilayah yang representatif dan siap menjadi ibukota Provinsi Flores.
Penegasan itu dikemukakan Wakil Bupati Ende H Djafar H Achmad, Senin (23/3). Menurut Djafar, di bagian utara Kabupaten Ende ada begitu banyak potensi yang bisa diandalkan sebagai ibukota Provinsi Flores. “Di sana airnya tidak sulit. Ketersediaan airnya cukup karena di sana ada Bendungan Mautenda yang selama ini mengairi sawah warga,” katanya.
Dia menambahkan, dari sisi ketersediaan listrik, Kabupaten Ende bagian utara juga memiliki pasokan listrik yang cukup. Saat ini, bagian utara Kabupaten Ende sedang dibagun PLTU Ropa. PLTU Ropa saat ini tengah dilakukan uji coba mesin pembangkit listriknya.
Dia mengharapkan, agar tim kajian independen dari perguruan tinggi yang ditunjuk dapat menjalankan tugasnya secara baik. Oleh karenannya, tim kajian harus secara jernih melihat potensi yang dimiliki Kabupaten Ende. Untuk mempersiapkan Ende sebagai salah satu calon ibu kota Provinsi Flores, pemerintah segera melakukan koordinasi lintas sektor supaya ketika dilakukan kajian, Ende sudah siap memberikan data dan masukan.
Jika Ende sebagai pusat pemerintahan, kata Djafar, maka Labuan Bajo dikembangkan sebagai pusat pariwisata. Maumere jadi pusat perdagangan karena memiliki pelabuhan yang mumpuni atau Mbay sebagai pusat industri karena dataran dan tanah masih luas.
“Ende sudah siap untuk menjadi ibukota Provinsi Flores. Kami juga sudah siapkan data dan bahan yang akan dipakai oleh tim kajian dalam melakukan kajiannya,” kata Djafar.  Ketua Koordinator Luar Negeri (Korlu) P4KF Frans Mado yang saat ini bermukim di Pert, Australia mengatakan, untuk menghindari perdebatan soal penentuan ibu kota Provinsi Flores, maka P4KF menyerahkan sepenuhnya penentuan tempat tersebut kepada tim kajian.
P4KF dalam kongres kedua di Mbay beberapa waktu lalu telah mengajukan lima kota yang menjadi kandidat ibukota Provinsi Flores. Lima kota tersebut yakni Kota Ende, Labuan Bajo, Borong, Mbay, dan Maumere. (tom/R-2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar