Selasa, 21 April 2015

WISATA_Tangga Alam Warnai Keindahan Pantai Nanganesa

Tangga Alam Warnai Keindahan Pantai Nanganesa

Hari itu speda motorku mulai bergerak perlahan ke arah timur kota Ende untuk sejenak melepaskan penat dari pekerjaan dan ingin menjauhkan diri dari kebisingan kota. Entah kenapa saya lebih tertarik menuju ke sebuah pantai yang menawarkan keindahan tersendiri. Keindahan Pantai tersebut ditambah dengan bebukitan yang terjal, sehingga menambah keindahan pantai.

Pantai Nanganesa, begitu orang biasa menyebutnya merupakan salah satu pantai yang menawarkan keindahan tersendiri. Karena keindahan banyak warga yang berdatang termasuk saya.

Pantai Nanganesa berada dalam wilayah pemerintahan desa Wolotopo, kemacamat Ndona. Letaknya tidak jauh dari Kota Ende dan hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 3 Km. Karena letaknya tidak jauh dari Kota Ende maka setiap orang berdatangan ingin melihat keindahahannya.

Alangkah terkejutnya saya ketika menginjakakn kaki di Pantai Nanganesa. Ternyata sudah ada sekelompok orang yang lebih duluan mendatangi pantai Nanganesa. Jumlah mereka diperkirakan mencapai 20an orang. Ketika ditanya, ternyata mereka merayakan ulang tahun salah satu temanya. Diantara mereka ada yang sedang foto bersama, anda yang mandi dan berlarian sepanjang pantai.
Bagi yang tidak mempunyai sepeda motor dapat menggunakan jasa ojek sebagai tranportasi menuju ke desa tersebut. Tarifnya murah mulai Rp 5.000-Rp. 10.000. Atau dapat menyewa angkot dengan harga Rp. 20.000.

Tangga Alam

Pantai Nanganesa terkenal keindahan disebabkan oleh deretan bukit yang terjal. Karena terjalnya bukit tersebut terlihat sangat seram, apalagi berpergian sendirian. Bukit tersebut bernama Tangga Alam, biasa orang menyebutnya karena konon dulu memang ada tangga yang dipahat oleh nenek moyang dengan tujuan agar dapat menyebrangi bukit tersebut. Jika salah-salah maka kamu pasti akan jatuh ke dalam laut.

Tapi itu dulu, lain dulu lain sekarang. Anda tidak perlu kwatir, sekarang sudah mudah, karena telah membangun akses jalan untuk menuju obyek wisata tersebut. Namun tangga alam tersebut menyimpa sejuta keindahan. Dimana deretan tebing yang terjal seakan memacu adrenalin kita untuk melihatnya. " Jika pantai Nanganesa terkenal dengan keindahan pantai, maka yang menjadi sensai selain keindahan pantai yakni Tangga Alam. Tangga Alam merupakan sisi lain dari keindahan pantai Nanganesa karena ombak memukul bebatuan yang ada dibawah bukit Tangga Alam," ujar Kristo Apolonaris yang datang merayakan ulang tahun temanya Tinny Wade.

Pecahan ombak menurutnya, sangat indah dipandang mata. Memang ganas ombaknya, sehingga ketika pecah dibebatuan menawarkan keindahan tersendiri.

Berdasarkan informasi, tangga alam dulu pernah menjadi lokasi soting vidio clip lagu daerah dari para musisi lokal yang ada di kabupaten Ende. Dan saat ini obyek wisata ini dijadikan tempat untuk foto prawedding bagi pasangan yang ingin menikah. (tom)

Keterangan Gambar: 1) Pantai Nanganesa
Menampilkan IMG-20140614-01983.jpg, 2) Tangga Alam
Menampilkan IMG-20140614-01981.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar